Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Memiliki laptop suatu keperluan pokok untuk menunjang aktivitas kita setiap harinya agar lebih produktif. Kemajuan teknologi saat ini sangat pesat pekerjaan dimudahkan dengan menggunakan alat canggih satu ini Laptop. Kemudahan yang diberikan laptop menjadikan waktu tenaga kita samakin effektif untuk menyelesaikan suatu proyek pekerjaan mengetik dokumen dan lain sebagainya.

Kemudahan yang lainnya didapat dari laptop sangat fleksible untuk dibawa kemana-mana. Kapan pun dimana pun sangat mungkin untuk mengoperasikan laptop. Tidak menjadi hambatan lagi untuk menyelesaikan pekerjaan semakin cepat.
Ada kalanya Laptop butuh perwatan terlalu terforsir penggunaanya tanpa melakukan perawatan akan berpengaruh terhadap kinerja operasi system maupun mesin laptop. Awet tidaknya laptop tergantung dengan cara merawatnya. Ada beberapa tips untuk merawat laptop.

Bersihkan Fan dan Haetsink Laptop

Membersihkan Fan Heatsink Secara berkala minimal 6 bulan sekali bermanfaat bagi kinerja prosessor dan cipset grafis (VGA). Prosessor dan VGA terasa sangat panas apabila Fan dan Heatsink laptop kotor sehingga menghambat proses sirkulasi udara panas dari dalam laptop tidak dapat keluar. Effek dari panas didalam laptop akan merusak Prosessor dan VGA jika tidak segera di service. Kerusakan yang sering terjadi jika Prosessor dan VGA rusak umumnya laptop akan mengalami no display tidak dapat menampilkan gambar dan lebih parahnya lagi laptop dapat mati total.

Membersihkan secara berkala akan memberikan dampak yang baik, umur laptop dapat bertahan lama.
Bagaimana cara membersihkannya? serahkan saja pada ahlinya ketempat service laptop terdekat untuk menhindari hal yang tidak di inginkan bukanya bener jadi tambah rusak. Cara merawat laptop agar tidak mudah rusak setidaknya tahu apa yang perlu diservice dan serahkan pada ahlinya.

Bersihkan Keyboard Dari Debu Kotoran

Debu dan lembab menjadi salah satu faktor yang merusak keyboard laptop. Apa lagi bagi pekerja yang berada dilapangan. Debu pastinya mudah menumpuk dan kalau di biarkan dapat merusak keyboard dikemudian hari jika dibiarkan saja. Musim hujan juga berpengaruh pada keyboard jika Anda habis keluar hujan-hujanan meski pun laptop diletakkan didalam tas dan Anda pakai jas hujan segeralah sampai rumah keluakan laptop dari tas letakkan pada ruangan yang ada udaranya bisa dengan kipas agar tidak terjadi lebab dan berjamur pada keyboard laptop.

Membersihkan keyboard dari debu gunakan kuas ukuran kecil dapat dibeli di toko bangunan bersihkan disela-sela keyboard debu akan dengan sendirinya ikut tersapu dengan kuas tiup berlahan agar debu dapat terangkat bersih sempurna. 

Jika keyboard Anda sudah kelihatan kotor coklat di bagian masing-masing tombol dapat memanfaatkan minyak kayu putih dan kain halus atau tisu untuk membersihkannya. Tuangkan minyak kayu putih pada kain halus secukupnya usapkan sedikit tekanan pada area keyboard yang kotor. Keringkan sisa-sisa minyak kayu putih dengan kain halus kering. Keyboard akan nampak lebih bersih dan seperti baru lagi.

Bersihkan Layar LED Laptop.

Terlihat kusam jika layar led laptop jarang di bersihkan akan mininggal bekas garis-garis juga yang nampak pada layar. Bagaimana cara membersihkannya hampir sama dengan cara membersihkan keyboard. Gunakan Kuas Terlebih dahulu untuk menyingkirkan debu-debu jangan terlalu ditekan untuk menghindari pecah pada layar. Debu sudah hilang tuangkan minyak kayu putih pada kain halus secukupnya usap layar dengan perlahan sedikit tekanan jangan sampai terlalu keras menghindari pecah pada layar, ulangi sampai layar terlihat kinclong seperti baru lagi. Keringkan sisa-sisa minyak kayu putih dengan kain halus kering. Jika layar laptop ada bekas goresan dengan cara ini goresan tidak dapat hilang. Lakukan ini jika Layar Led terlihat kusam kembali.

Bersihkan Body Laptop

Sama manfaatkan kuas minyak kayu putih dan kain halus untuk membersihkannya. Menumpuknya debu pada body laptop akan menyebabkan goresan merusak cat pada body. Langkah-langkahnya sama dengan membersihkan layar led. Kuas terlebih dahulu pada sela-sela body laptop jika debu sudah hilang gunakan kain halus yang sudah dituangkan minyak kayu putih usap pada body laptop, ulangi sampai terlihat bersih dan kinclong. keringkan sisa-sisa minyak kayu putih dengan kain halus kering.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot

Lakukan install ulang pada system laptop secara berkala. Virus dan tumpukan-tumpukan file pada keranjang sampah berdampak semakin lemot laptop yang kita gunakan. Virus paling banyak didapat dari internet sebelum melakukan browsing berhati-hatilah untuk mengakses situs-situs dengan sembarangan main klik saja. Virus biasanya bersamaan dengan file download semakin sembarangan download kemungkinan laptop terjangkit virus akan semakin besar.

Jangan sering sleep, hibernate atau langsung tutup pada laptop yang masih nyala dan langsung dibawa bepergian. Akan berdampak pada fungsi Harddisk. Harddisk belum shutdown secara maksimal saat kondisi laptop sleep, hibernate. Tidak jarang yang mengalami laptop tidak dapat masuk windows, karena sering memerintahkan sleep pada laptop. 

Saat laptop dibawa bepergian matikan laptop dengan sempurna dengan klik shut down untuk menghindari kerusakan pada harddisk dan perangkat mesin laptop lainnya. Penyebab laptop lemot paling utama adalah kerusakan pada harddisk laptop bad sector dan lain sebagianya. Laptop pernah jatuh juga akan berdampak pada harddisk. Hindari benturan, tumpukan, dan gesekan jaga laptop dengan kondisi yang nyaman saat dibawa bepergian.

Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai

Laptop yang jarang dipakai akan berdampak buruk pada laptop. Apa lagi selama tidak dipakai laptop di simpan pada tempat yang lembab dapat berusak perangkat laptop dan komponenya. Terutama batrey jika batrey laptop Anda dapat di lepas sangat di anjurkan untuk lepas batrey terlebih dahulu saat berencana untuk tidak memakai laptop dalam waktu yang lama 2 minggu satu bulan mungkin. 

Dengan mencabut batrey mengurangi dampak yang menyebabkan rusaknya laptop akibat dari lembab selama tidak dipakai. Lembab pada area mesin laptop mengakitkan konslet apabila batrey masih terpasang. Jika batrey laptop Anda tidak dapat dilepas simpan laptop pada area yang kering bebas dari lembab.

Lembab pada laptop juga akan berpengaruh pada fungsi keyaboard. Jika tidak dipakai dengan waktu cukup lama ada beberapa tombol yang tidak berfungsi. Penting untung menyimpan laptop pastikan kondisi ruang penyimpanan kering dan bebas dari lembab. Jangan simpan berlama-lama pada tas jika laptop jarang di pakai. Letakkan diatas meja atau ruang terbuka didalam kamar lebih baik dari pada disimpan didalam tas kotak penyimpanan untuk menghindari lembab.

Tips diatas berlaku pada semua merk cara merawat laptop Acer, Asus, Lenovo, HP, Toshiba, Dell, MSI dan lain sebagainya.